18 Contoh Jenis-Jenis Kalimat Pengandaian Dalam Bahasa Indonesia

50 Dilihat

Kalimat Pengandaian: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Kalimat pengandaian adalah jenis kalimat yang digunakan untuk menyatakan suatu pernyataan atau keadaan yang belum terjadi dan bersifat khayalan atau hipotesis. Dalam bahasa Indonesia, kalimat pengandaian juga sering disebut dengan kalimat yang masa depannya tidak pasti.

Pengertian Kalimat Pengandaian

Kalimat pengandaian adalah kalimat yang digunakan untuk menyatakan suatu pernyataan atau keadaan yang belum terjadi dan bersifat khayalan atau hipotesis. Kalimat pengandaian yaitu kalimat yang berisi pernyataan yang menyatakan bahwa suatu hal akan terjadi jika kondisi tertentu terpenuhi. Kondisi tersebut dapat berupa kondisi yang mungkin terpenuhi, atau mungkin tidak terpenuhi.

Jenis-Jenis Kalimat Pengandaian

1. Kalimat Pengandaian Tipe 1

Kalimat pengandaian tipe 1 adalah kalimat yang digunakan untuk menyatakan kejadian di masa depan yang sangat mungkin terjadi. Pola kalimat pengandaian tipe 1 adalah “If + present tense, will + base form”.

Contoh:

“If the weather is good tomorrow, we will go to the beach.”

2. Kalimat Pengandaian Tipe 2

Kalimat pengandaian tipe 2 adalah kalimat yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian atau pernyataan yang tidak mungkin terjadi di masa sekarang. Pola kalimat pengandaian tipe 2 adalah “if + past simple, would + base form”.

Contoh:

“If I had a million dollars, I would buy a yacht.”

3. Kalimat Pengandaian Tipe 3

Kalimat pengandaian tipe 3 adalah kalimat yang digunakan untuk menyatakan pernyataan atau kejadian yang sudah tidak mungkin terjadi. Pola kalimat pengandaian tipe 3 adalah “if + past perfect, would have + past participle”.

Contoh:

“If she had studied more, she would have passed the exam.”

Ciri-Ciri Kalimat Pengandaian

1. Menggunakan ungkapan berawalan “If”.

2. Terdapat kata kerja bantu seperti “would”, “could”, “should”, “might” dan sebagainya.

3. Digunakan untuk menyatakan kejadian yang belum terjadi, hipotesis atau khayalan.

Contoh Kalimat Pengandaian

1. Kalimat Pengandaian Tipe 1

“If I have enough money, I will go on a world tour.”

2. Kalimat Pengandaian Tipe 2

“If I had more time, I would go to the gym every day.”

3. Kalimat Pengandaian Tipe 3

“If she had not missed the flight, she would have arrived on time.”

Penutup

Kalimat pengandaian adalah jenis kalimat yang digunakan untuk menyatakan pernyataan atau keadaan yang belum terjadi dan bersifat khayalan atau hipotesis. Ada 3 jenis kalimat pengandaian, yaitu kalimat pengandaian tipe 1, kalimat pengandaian tipe 2, dan kalimat pengandaian tipe 3. Ciri-ciri dari kalimat pengandaian adalah menggunakan ungkapan berawalan “If”, terdapat kata kerja bantu seperti “would”, “could”, “should”, “might”, dan sebagainya, serta digunakan untuk menyatakan kejadian yang belum terjadi, hipotesis atau khayalan.