28 Contoh Kalimat Kompleks Hipotaktik Dalam Bahasa Indonesia

73 Dilihat

Apa itu Kalimat Kompleks? Ini Struktur, Ciri, dan Contohnya

Apakah kamu pernah mendengar istilah kalimat kompleks? Kalimat kompleks merupakan salah satu tipe kalimat dalam bahasa Indonesia. Kalimat ini terdiri dari lebih dari satu klausa, yang terdiri dari subyek dan predikat.

Struktur sebuah kalimat kompleks dibagi menjadi dua jenis klausa, yakni klausa induk dan klausa anak. Klausa induk merupakan klausa utama yang mendeskripsikan sesuatu secara utuh. Sementara itu, klausa anak memuat informasi lebih lanjut terkait klausa induk. Klausa anak dapat digunakan dengan beberapa tipe konjungsi seperti “yang”, “karena”, “jika”, dan lain-lain.

Ciri-ciri Kalimat Kompleks

Agar kamu dapat mengenali sebuah kalimat kompleks, ada beberapa ciri-ciri yang harus kamu perhatikan, yaitu:

  • Terdiri dari lebih dari satu klausa
  • Menggunakan konjungsi untuk menghubungkan klausa induk dan klausa anak
  • Memuat informasi tambahan atau penjelasan mengenai kejadian dari klausa induk

Ciri-ciri kalimat kompleks memungkinkan pembaca untuk lebih memahami suatu kalimat dengan melihat hubungan antara klausa induk dan klausa anak. Dalam kalimat kompleks, klausa anak bergantung pada klausa induk, sehingga keseluruhan kalimat menjadi lebih kompleks dan terstruktur dengan baik.

Contoh Kalimat Kompleks

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat kompleks:

  1. Jika kami tidak segera makan malam, kami akan sangat lapar setelah berenang.
  2. Andika perlu memperbaiki laptopnya yang rusak karena terjatuh dari meja kerjanya.
  3. Setiap kali dia makan makanan pedas, kulitnya akan terasa gatal karena alergi.

Contoh Kalimat Kompleks Hipotaktik

Kalimat hipotaktik adalah jenis kalimat kompleks yang memiliki klausa induk dan klausa anak yang berada dalam hubungan hubungan penyebab, akibat, atau hubungan temporal.

Berikut ini adalah contoh kalimat kompleks hipotaktik:

  1. Andi merasa sangat lelah di kantor karena dia bekerja sampai larut malam.
  2. Kita akan memutuskan rencana liburan setelah kita mengumpulkan lebih banyak informasi mengenai tempat liburan yang menarik.
  3. Jika kamu ingin menjadi atlet yang sukses, kamu harus berlatih sepak bola setiap hari.

Kesimpulan

Secara singkat, kalimat kompleks merupakan jenis kalimat yang terdiri dari klausa induk dan klausa anak yang saling berhubungan. Kalimat ini dapat ditemukan dalam tulisan atau percakapan sehari-hari. Setiap kalimat kompleks memiliki struktur yang terdiri dari klausa induk yang biasanya berdiri sendiri dan klausa anak yang terhubung dengan konjungsi tertentu. Dengan adanya ciri-ciri dan contoh kalimat kompleks, kamu akan lebih mudah mengenali jenis kalimat ini dan dapat menggunakan kalimat ini dengan sebagai peningkat kualitas tulisan.

Dalam menulis, kamu juga bisa menghasilkan kalimat kompleks hipotaktik sebagai variasi dari kalimat kompleks. Hindari menggunakan kalimat yang terlalu panjang atau terlalu pendek, dan gunakan variasi jenis kalimat yang sesuai dengan konteks. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu dan membuat kamu lebih percaya diri dalam menulis kalimat kompleks!