29 Contoh Kalimat Imperatif Perintah Halus Dalam Bahasa Indonesia

57 Dilihat

Contoh Kalimat Perintah Implisit – Analisis

Kalimat perintah adalah jenis kalimat yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Perintah ini diberikan oleh pembicara kepada pendengar, memerintahkan mereka untuk melakukan sesuatu. Dalam bahasa Indonesia, ada dua jenis kalimat perintah, yaitu kalimat perintah eksplisit dan implisit. Pada kesempatan ini, kita akan membahas contoh kalimat perintah implisit dan analisisnya.

Pengertian Kalimat Perintah Implisit

Kalimat perintah implisit adalah kalimat yang tidak terdiri dari kata kerja perintah, melainkan terbentuk dari intonasi dan konteks kalimat. Artinya, pembicara tidak secara langsung menyatakan perintah, tetapi memberikan perintah secara tidak langsung melalui intonasi atau konteks kalimat.

Contoh kalimat perintah implisit:

  • Di sini aja ya.
  • Sudahlah.
  • Terserah.
  • Tidak penting.
  • Jangan ngomong gitu.

Pada contoh kalimat perintah implisit di atas, perintah tidak secara langsung disampaikan melalui kata kerja perintah, tetapi disampaikan melalui intonasi atau konteks kalimat.

Analisis Contoh Kalimat Perintah Implisit

Analisis terhadap contoh kalimat perintah implisit dapat dilakukan dengan memperhatikan konteks dan intonasi kalimat. Berikut adalah analisis dari masing-masing contoh kalimat perintah implisit:

  1. Di sini aja ya. Kalimat ini biasanya digunakan saat seseorang ingin mengajak orang lain tinggal di suatu tempat. Kata “ya” pada akhir kalimat memberikan kesan permintaan dan saran untuk berada di tempat itu.
  2. Sudahlah. Kalimat ini terkadang digunakan sebagai perintah untuk menghentikan pembicaraan atau diskusi yang saat ini sedang berlangsung. Kata “lah” pada akhir kalimat memberikan kesan kesal atau malas untuk melanjutkan pembicaraan.
  3. Terserah. Kalimat ini digunakan saat seseorang ingin memberikan kebebasan dalam memutuskan. Kata “terserah” memberikan kesan seseorang menyerahkan keputusan kepada orang lain.
  4. Tidak penting. Kalimat ini digunakan saat seseorang ingin menyatakan bahwa sebuah hal tidak relevan atau tidak perlu dibicarakan. Bisa dianggap sebagai bentuk perintah agar orang lain tidak membahas hal tersebut.
  5. Jangan ngomong gitu. Kalimat ini digunakan saat seseorang merasa tidak nyaman dengan kata-kata atau pembicaraan orang lain. Kata “jangan” pada kalimat merupakan bentuk perintah agar orang lain tidak berkata seperti itu lagi.

Ciri-ciri Kalimat Perintah Implisit

Ada beberapa ciri-ciri kalimat perintah implisit, yaitu:

  • Terbentuk dari intonasi dan konteks kalimat
  • Tidak menggunakan kata kerja perintah secara langsung
  • Bentuk kalimat yang lebih santai
  • Mudah disalahartikan karena tidak secara jelas menyatakan perintah
  • Bisa mengandung nuansa permintaan, saran, atau kebebasan dalam memutuskan

Ringkasan

Contoh kalimat perintah implisit adalah kalimat yang terbentuk dari intonasi dan konteks kalimat, dan tidak secara langsung menggunakan kata kerja perintah. Analisis terhadap contoh kalimat perintah implisit dapat dilakukan dengan memperhatikan konteks dan intonasi kalimat. Ciri-ciri kalimat perintah implisit adalah terbentuk dari intonasi dan konteks kalimat, tidak menggunakan kata kerja perintah secara langsung, bentuk kalimat yang lebih santai, mudah disalahartikan karena tidak secara jelas menyatakan perintah, dan bisa mengandung nuansa permintaan, saran, atau kebebasan dalam memutuskan.