29 Contoh Kalimat Tunggal Berpredikat Kata Kerja Taktransitif

59 Dilihat

Memahami Jenis-jenis Kalimat Tunggal

Bagi sebagian orang, belajar bahasa Inggris memiliki tantangan tersendiri. Salah satu hal yang kerap bikin bingung adalah ketika harus memahami jenis-jenis kalimat tunggal. Namun, tenang saja, kali ini kami akan membahasnya secara detail agar kamu bisa lebih mudah memahami dan mengaplikasikannya dalam berbicara dan menulis bahasa Inggris.

Kalimat Berpredikat Verbal

Jenis kalimat pertama adalah kalimat yang menggunakan kata kerja sebagai predikatnya. Jenis kalimat ini sering disebut sebagai kalimat berpredikat verbal. Contohnya adalah “I eat rice for dinner” atau “She will sing a song for the competition”. Kata kerja yang digunakan sebagai predikat bisa diubah ke dalam bentuk kata kerja masa lalu, kata kerja beraturan, atau kata kerja tak beraturan.

Kalimat Berpredikat Nominal

Jenis kalimat berikutnya adalah kalimat yang menggunakan kata benda atau kata sifat sebagai predikatnya. Kalimat seperti ini banyak digunakan ketika ingin memberikan informasi tentang suatu subjek atau objek dengan jelas. Contohnya adalah “The sky is blue” atau “This book is interesting”. Kalimat seperti ini umumnya tidak memerlukan kata kerja, namun bila ada pun, biasanya berupa kata kerja to be.

Kalimat Berpredikat Numeral

Yang ketiga adalah kalimat yang menggunakan angka sebagai predikatnya. Jenis kalimat ini sering disebut sebagai kalimat berpredikat numeral. Contoh kalimatnya bisa berupa “He has two cats” atau “There are five chairs in the room”. Seperti halnya pada jenis kalimat berpredikat verbal, kata kerja pada kalimat jenis ini pun dapat diubah ke dalam bentuk yang lain.

Kalimat Berpredikat Frasa Preposisional

Jenis kalimat terakhir adalah kalimat yang menggunakan frasa preposisi sebagai predikat. Kalimat seperti ini umumnya digunakan untuk menjelaskan lokasi atau waktu suatu kejadian. Contohnya adalah “The cat is on the table” atau “We will meet at the mall”. Frasa preposisi yang digunakan dalam kalimat jenis ini biasanya berupa kata depan seperti on, in, at, dan lainnya.

Dari penjelasan tadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat empat jenis kalimat tunggal, yaitu kalimat berpredikat verbal, kalimat berpredikat nominal, kalimat berpredikat numeral, dan kalimat berpredikat frasa preposisional. Mengenal dan memahami jenis-jenis kalimat ini akan membantu kamu dalam menyusun kalimat yang lebih baku dan mudah dipahami oleh para pembaca atau pendengar.

Future Tense: Simple

Selain mengetahui jenis-jenis kalimat tunggal, kamu juga perlu memahami tata bahasa dasar lainnya. Salah satunya adalah tenses, yang terdiri dari 16 tenses dalam bahasa Inggris. Kali ini, kami akan membahas tenses yang bernama Future Tense: Simple.

Tense ini digunakan ketika ingin menunjukkan suatu kejadian yang akan terjadi di masa depan. Untuk kalimat positif, rumus yang digunakan adalah:

Subject + will + Verb1

Contohnya adalah “I will travel to Japan next year” atau “She will attend the meeting tomorrow”. Sedangkan untuk kalimat negatif, rumusnya adalah:

Subject + will not + Verb1

Contohnya bisa berupa “He will not participate in the competition” atau “We will not go to the midnight party”. Untuk kalimat tanya, rumusnya adalah:

Will + Subject + Verb1…?

Contoh kalimatnya bisa berupa “Will you come to my birthday party?” atau “Will they visit their grandmother in the hospital?”

Dalam pemakaian tenses, kamu juga harus bisa membedakan penggunaan akan (will) dan sedang (going to). Kata akan (will) digunakan ketika kejadian itu sudah direncanakan sebelumnya, sedangkan kata sedang (going to) digunakan ketika kejadian itu sudah direncanakan sebelumnya dan biasanya diikuti dengan kata kerja dalam bentuk -ing. Contohnya bisa berupa “I am going to meet my friend this afternoon” atau “She is going to watch a movie with her sister tonight”.

Itulah penjelasan tentang future tense: simple dan perbedaan antara kata will dan going to. Semoga penjelasan ini bisa membantumu dalam memahami tenses dan juga membantu dalam penggunaannya di dalam kalimat yang kamu buat nantinya.

Demikianlah ulasan mengenai jenis-jenis kalimat tunggal dan dasar-dasar tenses dalam bahasa Inggris. Dengan memahami kedua hal tersebut, kamu akan lebih mudah berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris yang baik dan benar.