9 Contoh Kalimat Aktif Berubah Menjadi Pasif Dalam Bahasa Indonesia

70 Dilihat

Contoh Kalimat Aktif dan Pasif: Pengertian dan Cara Mengubahnya dalam Bahasa Inggris

Kalimat aktif dan pasif merupakan dua jenis kalimat dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk mengutamakan subjek dan objek dalam suatu kalimat. Untuk memahami perbedaan keduanya, kita perlu memahami pengertian dari kalimat aktif dan kalimat pasif.

Pengertian Kalimat Aktif

Kalimat aktif adalah jenis kalimat di mana subjeknya melakukan tindakan pada objeknya. Contohnya, “Siti mencuci baju”. Pada kalimat ini, subjeknya adalah “Siti” dan objeknya adalah “baju”. Kata kerja (verb) dalam kalimat ini adalah “mencuci”, yang menunjukkan tindakan yang dilakukan oleh subjeknya pada objeknya.

Pengertian Kalimat Pasif

Sedangkan kalimat pasif adalah jenis kalimat di mana objeknya menerima tindakan dari subjeknya. Contohnya, “Baju dicuci oleh Siti”. Pada kalimat ini, objeknya adalah “baju” dan kata kerja yang digunakan adalah “dicuci”, yang menunjukkan tentang tindakan yang diterima oleh objek dari subjeknya.

Cara Mengubah Kalimat Aktif Menjadi Kalimat Pasif

Untuk mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif, kita perlu melakukan beberapa tahapan. Pertama, pilihlah objeknya dan jadikan objek tersebut sebagai subjek pada kalimat pasif. Kedua, tambahkan kata kerja “to be” sesuai dengan tense yang digunakan pada kalimat aktif. Selanjutnya, gunakan past participle dari kata kerja pada kalimat aktif sebagai kata kerja dalam kalimat pasif.

Contohnya: “Siti menjual buku itu.” (kalimat aktif) dapat diubah menjadi “Buku itu dijual oleh Siti.” (kalimat pasif). Dalam kalimat pasif, objek “buku itu” telah dijadikan subjek dan kata kerja “dijual” menggunakan bentuk yang sesuai dengan simpulan kalimat.

Contoh Kalimat Aktif dan Pasif

Berikut ini beberapa contoh kalimat aktif dan pasif untuk membantu kamu lebih memahami perbedaan keduanya.

1. Kalimat Aktif: “Aku membeli sepatu baru.”
Kalimat Pasif: “Sepatu baru dibeli olehku.”

2. Kalimat Aktif: “Dia mengetuk pintu rumahku.”
Kalimat Pasif: “Pintu rumahku diketuk olehnya.”

3. Kalimat Aktif: “Siti memasak nasi goreng.”
Kalimat Pasif: “Nasi goreng dimasak oleh Siti.”

4. Kalimat Aktif: “Kita membersihkan kamar mandi.”
Kalimat Pasif: “Kamar mandi dibersihkan oleh kita.”

5. Kalimat Aktif: “Guru memberi tugas kepada murid-murid.”
Kalimat Pasif: “Tugas diberikan kepada murid-murid oleh guru.”

Pentingnya Pemahaman Kalimat Aktif dan Pasif

Pemahaman tentang kalimat aktif dan pasif pada bahasa Inggris ini sangat penting untuk membantu kamu dalam melakukan percakapan sehari-hari dan dalam menulis bahasa Inggris dengan benar. Setiap kalimat memiliki peran yang berbeda-beda sesuai dengan tata bahasa dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk bisa memahami perbedaan antara kalimat aktif dan pasif.

Kesimpulan

Kalimat aktif dan pasif merupakan dua jenis kalimat dalam bahasa Inggris yang membutuhkan pemahaman yang cukup agar bisa digunakan dengan baik dalam percakapan sehari-hari maupun dalam menulis. Kalimat aktif merupakan kalimat di mana subjeknya melakukan tindakan pada objeknya, sedangkan kalimat pasif merupakan kalimat di mana objek menerima tindakan dari subjek. Untuk mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif, perlu dilakukan beberapa tahapan seperti memilih objek sebagai subjek pada kalimat pasif dan menyesuaikan kata kerjanya. Dengan memahami perbedaan antara kalimat aktif dan pasif, kamu bisa menggunakannya dengan lebih baik dalam pemakaian bahasa Inggris sehari-hari.