Berikan Contoh Kalimat Tidak Baku Diubah Menjadi Kalimat Baku

69 Dilihat

Yuk, Bicara Tentang Kalimat Baku dan Tidak Baku!

Kalimat Baku dan Tidak Baku

Bicara tentang bahasa Indonesia, mungkin banyak dari kalian sering mendengar istilah kalimat baku dan tidak baku, namun sebenarnya apa sih arti dari kedua kata tersebut?

Secara sederhana, kalimat baku adalah kalimat yang menggunakan kata-kata yang sudah ditetapkan oleh KBBI dan diterima oleh masyarakat umum. Sedangkan, kalimat tidak baku adalah kalimat yang menggunakan kata-kata yang tidak sesuai dengan KBBI dan cenderung masih asing di telinga masyarakat umum.

Lalu, bagaimana kita bisa membedakan antara kalimat baku dan tidak baku? Berikut adalah beberapa contoh kalimat baku:

  • Belajar menjadi lebih mengasikan.
  • Sekolah adalah tempat mendapatkan ilmu pengetahuan.
  • Ibu membeli sayur di pasar.

Sedangkan, berikut adalah beberapa contoh kalimat yang tidak baku:

  • Nya, aku pergi ke pasar.
  • Saya mau beli kue.
  • Kamu kira saya ini muka apa?

Ciri-Ciri Kalimat Tidak Baku

Meskipun cukup mudah untuk membedakan antara kalimat baku dan tidak baku, namun tentunya kalian juga ingin mengetahui lebih jauh tentang ciri-ciri kalimat tidak baku, bukan?

Berikut adalah beberapa ciri-ciri kalimat tidak baku yang paling umum:

  • Menggunakan kata-kata yang belum dikenal di dalam KBBI
  • Menggunakan kata-kata dalam bahasa asing yang tidak memiliki padanan dalam bahasa Indonesia
  • Menggunakan kata-kata daerah dalam bahasa resmi
  • Menggunakan kata-kata slang dan bahasa gaul yang hanya dimengerti oleh sebagian orang
  • Menggunakan kata-kata yang dianggap kurang sopan atau kasar

Berlatih Menggunakan Kalimat Baku

Jika kalian ingin bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, tentunya sangat penting untuk bisa membedakan antara kalimat baku dan tidak baku serta bisa menggunakan kalimat baku dengan benar.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk berlatih menggunakan kalimat baku adalah dengan membaca banyak buku atau artikel yang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dengan demikian, kita bisa lebih familiar dengan kata-kata baku serta cara penggunaannya dalam kalimat yang benar.

Yuk, jangan ragu lagi untuk mempelajari lebih lanjut mengenai kalimat baku dan tidak baku. Selalu ingat, penggunaan bahasa yang baik dan benar sangat penting dalam berkomunikasi, terutama dalam kehidupan sehari-hari.

Intinya adalah, kalimat baku adalah kalimat yang menggunakan kata-kata yang telah ditetapkan oleh KBBI dan diterima oleh masyarakat umum, sedangkan kalimat tidak baku adalah kalimat yang menggunakan kata-kata yang tidak sesuai dengan KBBI dan masih asing ditelinga masyarakat umum. Maka, untuk bisa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, penting bagi kita untuk bisa membedakan kedua jenis kalimat ini serta berlatih menggunakan kalimat baku dengan benar.