Contoh Kalimat Gramatikal Dan Leksikal Beserta Maknanya

73 Dilihat

Makna Leksikal dan Gramatikal: Perbedaan dan Contohnya

Pengertian Makna Leksikal dan Gramatikal

Dalam bahasa Indonesia, terdapat dua jenis makna yaitu makna leksikal dan makna gramatikal. Makna leksikal adalah makna kata sebenarnya, atau bisa dibilang makna yang terdapat di dalam kamus. Sedangkan, makna gramatikal adalah makna yang terkait dengan tata bahasa atau struktur kalimat. Pengertian ini juga ditegaskan dalam salah satu jurnal linguistik di Indonesia.

Perbedaan Makna Leksikal dan Gramatikal

Perbedaan mendasar antara makna leksikal dan gramatikal terletak pada fungsi masing-masing makna. Makna leksikal lebih menitikberatkan pada arti yang sesungguhnya dari sebuah kata, sedangkan makna gramatikal lebih fokus pada penggunaan kata dalam susunan kalimat atau frasa.

Berikut contoh perbedaan makna leksikal dan gramatikal:

– Kata “pulang” mempunyai makna leksikal “kembali ke rumah”, makna gramatikal dapat berubah-bentuk sesuai dengan subjek dan waktu kalimat.

– Kata “sangat” mempunyai makna leksikal yang sama dengan “sangat”, sedangkan makna gramatikal lebih fokus pada fungsi sebagai kata keterangan dalam kalimat.

Contoh Penggunaan Makna Leksikal dan Gramatikal

Makna leksikal dan gramatikal dapat ditemukan pada setiap frasa atau kalimat dalam bahasa Indonesia. Berikut contoh-contohnya:

1. Makna Leksikal pada Kalimat Nominal
Kata “kucing” pada kalimat “Kucing saya lucu” memiliki makna leksikal “hewan peliharaan yang suka main”, sedangkan pada kalimat “Kucing-kucing liar berkeliaran dekat sungai” memiliki makna leksikal yang sama, tetapi congkak dengan makna gramatikal.

2. Makna Gramatikal pada Kalimat Verbal
Kata “membeli” memiliki makna leksikal “mengakuisisi dengan uang atau barang sejenis”, sedangkan kata “akan membeli” pada kalimat “Saya akan membeli baju esok hari” memiliki makna gramatikal sebagai tanda waktu di masa depan.

Peran Makna Leksikal dan Gramatikal dalam Bahasa Indonesia

Makna leksikal dan gramatikal penting dalam bahasa Indonesia karena keduanya saling berkaitan dan mempengaruhi makna yang diterima oleh pembaca atau pendengar. Penggunaan yang tepat dari makna leksikal dan gramatikal dalam suatu kalimat atau frasa akan membantu terbentuknya pemahaman yang jelas terhadap pesan yang ingin disampaikan.

Kesimpulan

Makna leksikal dan gramatikal memiliki perbedaan yang mendasar dalam fungsi masing-masing. Makna leksikal lebih menitikberatkan pada arti kata sebenarnya, sementara makna gramatikal lebih fokus pada peran kata dalam susunan kalimat dan frasa. Dalam bahasa Indonesia, penggunaan yang tepat dari keduanya penting untuk membentuk pemahaman yang jelas terhadap pesan yang ingin disampaikan.