Contoh Kalimat Lugas Dan Kalimat Kias Dalam Bahasa Indonesia

80 Dilihat

Contoh Kalimat Lugas dan Kiasan: Pengertian dan Contohnya

Bicara tentang bahasa Indonesia, pastinya kita sering mendengar dua jenis kalimat, yaitu kalimat lugas dan kalimat kiasan. Dua jenis kalimat ini memiliki perbedaan dalam hal penggunaan kata-katanya. Pada kalimat lugas, kata-kata yang digunakan mengacu pada arti sebenarnya, sedangkan pada kalimat kiasan, kata-kata yang digunakan memiliki makna lain di luar arti sebenarnya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas definisi dan contoh dari kalimat lugas dan kiasan yang sering digunakan dalam bahasa Indonesia.

Kalimat Lugas

Kalimat lugas merupakan jenis kalimat yang mengacu pada arti sebenarnya dari kata-kata yang digunakan. Pada kalimat lugas, semua kata yang digunakan harus bisa dipahami secara langsung tanpa adanya makna lain. Berikut adalah beberapa contoh kalimat lugas:

1. Saya akan pergi ke toko buku untuk membeli novel baru.
2. Dia sedang menonton pertandingan sepak bola di televisi.
3. Kami berbicara tentang pekerjaan yang harus dikerjakan.

Dari contoh-contoh di atas, kita bisa melihat bahwa kalimat-kalimat tersebut menggunakan kata-kata yang memiliki arti sebenarnya tanpa adanya makna lain yang tersembunyi.

Kalimat Kiasan

Kalimat kiasan atau sering juga disebut dengan majas adalah jenis kalimat yang maknanya tidak sesuai dengan arti sebenarnya dari kata-kata yang digunakan. Pada kalimat kiasan, terdapat pemakaian kata-kata yang memiliki makna khusus atau kata-kata kias. Berikut adalah beberapa contoh kalimat kiasan:

1. Dia mempunyai hati yang dingin.
2. Ayah memarahi saya dengan iringan musik klasik.
3. Wajahnya seperti rembulan di malam hari.

Dari contoh-contoh di atas, kita bisa melihat bahwa kalimat-kalimat tersebut mengandung makna khusus atau menggunakan kata-kata kias yang tidak sesuai dengan arti sebenarnya dari kata-kata tersebut.

Kesimpulan

Secara singkat, kalimat lugas dan kiasan memiliki perbedaan dalam hal penggunaan kata-katanya. Pada kalimat lugas, kata-kata yang digunakan mengacu pada arti sebenarnya, sedangkan pada kalimat kiasan, kata-kata yang digunakan memiliki makna lain di luar arti sebenarnya.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami perbedaan antara kedua jenis kalimat ini untuk memudahkan komunikasi dengan orang lain. Jangan sampai kita menggunakan kalimat kiasan ketika situasi yang membutuhkan penggunaan kalimat lugas atau sebaliknya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dalam memperkaya pengetahuan kita tentang bahasa Indonesia.