8 Contoh Kalimat Imbuhan ter- yang Berarti Pelaku dalam Bahasa Indonesia

124 Dilihat

Imbuhan ter- adalah salah satu imbuhan yang sering digunakan untuk membentuk kata kerja atau kata benda yang mengindikasikan pelaku atau pihak yang melakukan suatu tindakan. Dengan menggunakan imbuhan ter-, kita dapat mengungkapkan secara jelas dan tegas siapa yang menjadi subjek dalam kalimat.

  1. Terbangun: Hari ini, aku terbangun lebih pagi untuk menyiapkan segala sesuatunya sebelum memulai aktivitas harian. Dalam kalimat ini, imbuhan ter- menggambarkan bahwa aku adalah pelaku yang melakukan tindakan terbangun lebih pagi.
  2. Terpilih: Dia merasa sangat bahagia karena berhasil terpilih sebagai perwakilan siswa dalam kegiatan tersebut. Dalam kalimat ini, imbuhan ter- menunjukkan bahwa dia adalah pelaku yang terpilih sebagai perwakilan siswa.
  3. Terpukau: Anak-anak terpukau saat melihat pertunjukan sulap yang menakjubkan di panggung utama. Dalam kalimat ini, imbuhan ter- mengindikasikan bahwa anak-anak adalah pelaku yang terpukau oleh pertunjukan sulap.
  4. Tersebar: Berita penting mengenai acara tersebut tersebar luas di media sosial, sehingga banyak yang tertarik untuk mengikutinya. Dalam kalimat ini, imbuhan ter- menunjukkan bahwa berita tersebut tersebar luas dan menjadi perhatian banyak orang.
  5. Terjadi: Di malam yang sunyi, suara ledakan tiba-tiba terjadi dan membuat semua orang kaget. Dalam kalimat ini, imbuhan ter- menggambarkan bahwa suara ledakan menjadi tindakan yang terjadi secara tiba-tiba.
  6. Terbentuk: Pulau ini terbentuk akibat letusan gunung berapi ribuan tahun yang lalu. Dalam kalimat ini, imbuhan ter- menunjukkan bahwa pulau tersebut terbentuk karena tindakan letusan gunung berapi.
  7. Terkenal: Ibu kota negara ini terkenal dengan keindahan arsitektur bangunan-bangunannya. Dalam kalimat ini, imbuhan ter- mengindikasikan bahwa ibu kota negara ini menjadi pelaku yang terkenal dengan keindahan arsitektur bangunan-bangunannya.
  8. Terlihat: Hujan deras membuat jalan menjadi licin, dan hal ini terlihat dari banyaknya kecelakaan yang terjadi. Dalam kalimat ini, imbuhan ter- menggambarkan bahwa kecelakaan menjadi tindakan yang terlihat akibat jalan yang licin akibat hujan deras.