Sinonim Hulubalang

63 Dilihat

Sinonim Kata Hulubalang di Tesaurus Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia memiliki banyak kata-kata yang memiliki sinonim. Salah satunya adalah kata “hulubalang”. Melalui Tesaurus Bahasa Indonesia, ditemukan ada 14 sinonim kata “hulubalang”, yaitu:

  • Satria
  • Pahlawan
  • Mandala
  • Wira
  • Mandira
  • Turangga
  • Bujangga
  • Sanggar
  • Warta
  • Budiman
  • Senopati
  • Dewan Wira
  • Pemangku
  • Digdaya

Apakah Semua Kata Hulubalang Sama Maknanya?

Tidak. Kata-kata yang termasuk dalam daftar sinonim kata “hulubalang” di Tesaurus Bahasa Indonesia memiliki makna yang mirip, tapi tidak sama persis. Sebagai contoh, kata “satria” memiliki makna “prajurit atau ksatria” sementara kata “budiman” memiliki makna “bijaksana dan berbudi pekerti luhur”.

Berapa Pentingnya Pemilihan Kata yang Tepat?

Sangat penting. Maka dari itu, Tesaurus Bahasa Indonesia dapat membantu dalam pemilihan kata yang tepat dan akurat.

Resensi Novel “Hulubalang Raja”

“Hulubalang Raja” adalah novel karya penulis lepas yang menceritakan tentang sejarah Indonesia. Novel ini mengangkat tema tentang pemberontakan rakyat terhadap penjajah asing pada masa lampau.

Sinopsis Novel “Hulubalang Raja”

Cerita dalam novel ini berkisar pada seorang pemimpin hulubalang bernama Suro menggalang perjuangan melawan penjajah dengan menyatukan berbagai suku dan agama di daerahnya. Namun, perjuangan ini tidak berjalan semulus yang diinginkan – Suro harus menghadapi berbagai rintangan dan bentuk pengkhianatan yang datang dari sekitarnya.

Bagaimana Karakter Suro Dalam Novel Ini?

Suro digambarkan sebagai sosok yang sangat kuat dan teguh pada prinsip dan idealismenya. Namun, dibalik sifatnya yang kuat, Suro juga memiliki sisi lembut dan peduli pada bawahannya dan orang sekitarnya.

Hulubalang In Bronze | ELLE ZADA

ELLE ZADA adalah brand yang membuat patung atau aksesoris dari bahan-bahan seperti emas, perak dan perunggu. Salah satu koleksi patung yang dijual oleh ELLE ZADA adalah patung hulubalang dari bahan perunggu.

Bagaimana Proses Pembuatan Patung Hulubalang dari Perunggu?

Proses pembuatan patung di ELLE ZADA dimulai dengan membuat prototype desain yang akan diaplikasikan pada perunggu. Setelah itu, perunggu mencair dan dimasukkan ke dalam cetakan yang merupakan tiruan dari prototype desain tersebut. Setelah perunggu dingin, patung raw itu diikis dan dihaluskan hingga memiliki bentuk dan detail yang sesuai.

Kenapa Patung Hulubalang Begitu Populer?

Pada zaman dahulu, hulubalang adalah para pejuang dan pemimpin dalam peperangan. Hal ini memberikan nilai sentimental dan filosofis pada patung hulubalang, sehingga banyak yang mencari patung ini sebagai simbol kemenangan, jati diri atau patriotisme.

Sejarah dalam Novel Hulubalang Raja – Penulis Lepas

“Hulubalang Raja” mengangkat tema pemberontakan rakyat terhadap kekuasaan penjajah asing pada zaman dahulu, dimana pemberontakan tersebut dipelopori oleh para hulubalang, atau pemimpin-pejuang dalam suku di Indonesia.

Bagaimana Sejarah “Hulubalang” dalam Sejarah Indonesia?

Hulubalang dapat menjadi sosok yang disegani karena mereka merupakan pemimpin seperti kepala suku atau pejuang dalam perang, dengan pengaruh yang sangat besar atas orang-orang di lingkungan sekitar mereka. Hal ini membuat mereka menjadi pemimpin yang dijadikan rujukan pada masa kini.

Kenapa Kita Harus Belajar Dari Sejarah?

Sejarah merupakan cermin yang mengajarkan kita banyak pelajaran tentang kehidupan bersama sebagai makhluk sosial. Melalui pembelajaran sejarah, kita dapat belajar dari kesalahan dan keberhasilan yang terjadi di masa lalu untuk memperbaiki pola pikir dan membangun masa depan yang lebih baik.

Dalam satu bahasa, kata-kata sinonim mampu menambah variasi dan kekayaan istilah dalam penggunaan sehari-hari. Novel seperti “Hulubalang Raja” sendiri bahkan memberikan banyak pelajaran dan kajian tentang sejarah Indonesia yang sangat penting. Tak hanya itu, patung hulubalang sendiri tak jarang menjadi lambang kekuatan atau patriotisme bagi rakyat Indonesia. Sejarah mampu mengajarkan banyak pelajaran dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi bangsa Indonesia.