Sinonim Mempelajari

55 Dilihat

Kosa Kata yang Sering Keluar di Tes CPNS: Sinonim dan Antonim

Siapa yang tidak kenal dengan tes CPNS? Tes ini biasa diikuti oleh para calon pegawai negeri Indonesia yang ingin bergabung dengan instansi pemerintah. Salah satu tes yang dihadapi oleh para calon CPNS adalah tes kosa kata. Dalam tes ini, mereka diuji kemampuan mereka dalam memahami sinonim dan antonim dalam bahasa Indonesia.

Mengenal Sinonim dan Antonim

Sinonim adalah kata-kata yang memiliki arti atau makna yang sama. Sementara itu, antonim adalah kata-kata yang memiliki makna yang berlawanan. Dalam tes CPNS, biasanya peserta akan diminta untuk mencari sinonim atau antonim dari sebuah kata yang diberikan.

Tes kosa kata adalah salah satu tes yang sering dianggap sulit oleh para peserta. Meskipun demikian, dengan memahami sinonim dan antonim dengan baik, tentu akan memudahkan peserta untuk mengerjakan tes tersebut.

Tips Memahami Sinonim dan Antonim

Tidak ada cara instan untuk memahami sinonim dan antonim dengan baik. Namun, ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh peserta tes CPNS untuk memudahkan mereka dalam memeroleh jawaban yang tepat, antara lain:

Mempelajari Kosakata Secara Berkala

Salah satu kunci dalam memahami sinonim dan antonim dengan baik adalah dengan memperbanyak kosakata yang dimiliki. Oleh karena itu, peserta tes CPNS disarankan untuk mempelajari kosakata secara berkala dan menghafal kata-kata yang sering ditemui dalam soal tes.

Mencari Lawan Katanya

Untuk memahami antonim, peserta tes CPNS disarankan untuk mencari lawan katanya. Misalnya, jika kata yang diberikan adalah ‘tinggi’, maka antonimnya adalah ‘rendah’. Dengan memahami lawan kata dari suatu kata, peserta tes CPNS dapat lebih mudah dalam menemukan jawaban yang tepat.

Mempertimbangkan Konteks Kalimat

Selain itu, peserta tes CPNS disarankan untuk mempertimbangkan konteks kalimat dalam mencari sinonim atau antonim. Dalam hal ini, peserta harus memperhatikan kata-kata yang berada di sekitarnya dan mencari kemiripan atau perbedaan makna dari kata tersebut.

Sinonim dan Antonim yang Sering Keluar di Tes CPNS

Telah diketahui bahwa tes kosa kata pada tes CPNS sering menguji peserta dalam memahami sinonim dan antonim dari sebuah kata. Berikut adalah beberapa contoh sinonim dan antonim yang sering keluar dalam tes tersebut:

  • Banyak: banyak sekali, berlimpah, melimpah, padat, ramai
  • Sampai: hingga, mencapai, menjangkau, merentang, sejauh
  • Kecil: mungil, mini, kecil sekali, lembut, halus
  • Yang: yang mana, yang itu, yang ini, yang demikian, yang begitu
  • Buruk: jelek, lembek, tak enak, rusak, cacat

Kesimpulan

Menguasai sinonim dan antonim adalah salah satu kunci dalam mengerjakan tes kosa kata pada tes CPNS. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh para peserta untuk memahami konsep ini, antara lain memperbanyak kosakata, mencari lawan kata, dan mempertimbangkan konteks kalimat. Beberapa contoh sinonim dan antonim yang sering keluar dalam tes CPNS adalah banyak dan banyak sekali, sampai dan hingga, kecil dan mungil, yang dan yang mana, serta buruk dan jelek.

Disarankan untuk menghafal kosakata secara berkala dan terus memperdalam pengetahuan tentang sinonim dan antonim untuk dapat mengerjakan tes kosa kata dengan lebih baik pada tes CPNS.