Sinonim Menangani

60 Dilihat

Pengertian Sinonim dan Antonim

Sinonim dan Antonim adalah istilah yang seringkali digunakan dalam Bahasa Indonesia. Namun, tidak semua orang memahami arti dari kedua istilah tersebut. Dalam Bahasa Indonesia, kedua istilah ini kerap digunakan dalam membuat suatu kalimat menjadi lebih bervariasi serta menjaga keindahan struktur kalimat.

Sinonim

Sinonim berasal dari bahasa Yunani, yaitu “syn” yang berarti “sama” dan “onoma” yang berarti “nama”. Jadi, sinonim adalah kata yang memiliki arti mirip atau sama namun berbeda dalam penulisan atau pengucapannya. Contohnya, kata “berangkat” dapat digantikan dengan kata “pergi”.

Contoh Kalimat Sinonim:

“Nadia akan segera berangkat menuju Bali.” atau “Nadia akan segera pergi menuju Bali.”

Antonim

Antonim adalah lawan kata atau kata yang berlawanan arti dengan kata lain. Antonim juga berasal dari bahasa Yunani yaitu “anti” yang berarti “melawan” dan “onoma” yang berarti “nama”. Contohnya, kata “dingin” berlawanan arti dengan kata “panas”.

Contoh Kalimat Antonim:

“Sari merasa dingin dalam cuaca yang panas.” atau “Sari merasa panas dalam cuaca yang dingin.”

Dalam penggunaan Bahasa Indonesia sehari-hari, sinonim dan antonim dapat digunakan untuk memperkaya kosakata dan variasi kalimat. Keduanya sangat diperlukan dalam membuat karya sastra seperti puisi dan prosa. Sinonim juga membantu pembaca atau pendengar dalam memahami isi suatu teks atau tulisan yang ada.

Latihan Soal Sinonim

Untuk dapat mengenal dan memahami jenis-jenis sinonim, kita tentu harus berlatih. Di bawah ini terdapat 110 soal latihan sinonim. Soal ini dapat dijadikan sebagai sarana latihan untuk meningkatkan pemahaman kita terhadap sinonim. Soal-soal ini terdiri dari beragam tingkat kesulitan, sehingga dapat menambah kemampuan serta kemahiran kita dalam bahasa Indonesia. Latihan soal ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mempersiapkan diri menghadapi tes seleksi CPNS tahun 2021.

Persamaan Kata (Sinonim) “Menuntaskan”

Menuntaskan adalah kata kerja yang dapat digantikan dengan kata-kata lain yang memiliki arti yang hampir serupa. Dalam kamus sinonim, terdapat beberapa kata yang dapat digunakan sebagai sinonim dari kata “menuntaskan”. Beberapa di antaranya adalah “menyelesaikan”, “menamatkan”, “mengeksekusi”, dan “mengerjakan”.

Dalam memahami kegunaan sinonim dan antonim, kita perlu memahami arti serta penggunaannya dalam kalimat. Ini dimaksudkan agar kita dapat mengaplikasikannya ke dalam tulisan maupun percakapan kita sehari-hari. Dalam penggunaannya, kita harus bijak dalam memilih pilihan kata yang tepat dalam situasi dan konteks yang tepat pula. Hal ini akan mempermudah komunikasi dengan orang lain dan menjaga keindahan bahasa dalam tulisan kita.

Sebagai kesimpulan, penggunaan sinonim dan antonim sangat penting dalam memperkaya kosakata kita dalam bahasa Indonesia. Dalam mempelajari sinonim dan antonim, kita perlu memahami perbedaan antara keduanya serta penggunaannya dalam kalimat. Latihan soal sinonim sangat diperlukan untuk meningkatkan pemahaman serta kemahiran kita dalam bahasa Indonesia. Dalam memilih kata, hendaknya kita bijak dan memperhatikan konteks serta situasi yang tepat.