Sinonim Mengorganisasikan

77 Dilihat

Kenali Sinonim: Teman Baik Bahasa Indonesia

APA ITU SINONIM?

Sinonim adalah kata-kata yang memiliki makna atau arti yang sama atau bisa dipertukarkan dengan kata lain. Dalam Tesaurus Bahasa Indonesia, dikatakan bahwa kata-kata sinonim ini memiliki kemiripan makna yang begitu tinggi sehingga bisa digunakan sebagai pengganti kata lain.

Saat menulis, menggunakan kata sinonim bisa membuat tulisan kita jadi lebih variatif dan tidak monoton. Lebih dari itu, pemakaian sinonim juga bisa memperkaya kosakata dan bisa menunjukkan kefasihan kita dalam berbahasa Indonesia.

BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN SINONIM?

Sebelum mulai menggunakannya, carilah dulu kata dasar dari kata yang ingin kamu ganti. Setelah itu, temukan sinonim dari kata itu.

Contohnya, jika kamu ingin menggunakan sinonim dari kata “menarik”, carilah kata dasarnya dulu yaitu “tarik”. Setelah itu, carilah sinonim dari kata “tarik” seperti mengundang, memikat, atau mempesona.

Ketika menggunakan sinonim, pastikan kamu mengetahui makna dari kata itu dan benar-benar paham dalam penggunaannya. Jangan sampai salah penggunaan sinonim justru membuat tulisanmu jadi tidak bermakna atau justru salah pengertian.

MENGAPA MEMPELAJARI SINONIM?

Menjadi fasih dalam berbahasa Indonesia menjadi salah satu kewajiban sebagai warga negara Indonesia. Dalam era digital, saat ini semakin banyak cara untuk belajar bahasa Indonesia, salah satunya dengan memperluas kosakata melalui sinonim.

Bukan hanya itu saja, dengan belajar sinonim, kita juga bisa mempelajari terkait subtansi dari masing-masing kata dan membuat tulisan kita lebih bermakna.

CONTOH PRAKTIK MENGGUNAKAN SINONIM

Sebagai contoh, kamu ingin menggunakan kata keren ke dalam kalimatmu. Kamu bisa menggunakan sinonim dari kata “keren” seperti “gaul”, “kece”, atau “keren-keren”. Di sisi lain, jika ingin menggunakan kata baik dalam kalimatmu, kamu bisa menggunakan sinonim seperti “baik hati”, “ramah”, atau “baik-baik saja”.

Dalam range

Lalu, apa sinonim dari kata “dalam”? Secara umum, kata “dalam” memiliki makna yang berhubungan dengan kedalaman atau keadaan di dalam. Adapun sinonim dari kata “dalam” antara lain seperti “dalam-dalam”, “mendalam”, atau “terdalam”.

Mengevaluasi kata etimologi dan asalnya

Lihat juga asal kata dan etimologinya untuk memeriksa korelasinya dalam bahasa lain. Jadi, jika kamu mengetahui arti suatu kata di bahasa asing, maka kamu akan dengan mudah menemukan sinonim bahasa Indonesia yang sesuai.

Secara keseluruhan, mempelajari sinonim adalah hal yang penting dalam belajar bahasa Indonesia. Selain membuat kita jadi lebih fasih dalam berbahasa Indonesia, belajar menggunakan kosakata yang lebih variatif dan bervariasi juga bisa memperkaya pemahaman kita terhadap subtansi dari masing-masing kata.

Ringkasan

Sinonim adalah kata-kata yang memiliki makna atau arti yang sama atau bisa dipertukarkan dengan kata lain. Ketika menggunakan sinonim, pastikan kamu mengetahui makna dari kata itu dan benar-benar paham dalam penggunaannya. Memahami sinonim sangat penting dalam belajar bahasa Indonesia karena bisa memperkaya pemahaman kita terhadap subtansi dari masing-masing kata dan membuat tulisan kita lebih variatif dan bervariasi.