Sinonim Mulut

50 Dilihat

Sinonim Mulut dalam Tesaurus Bahasa Indonesia

Indonesia memiliki bahasa yang kaya akan kosakata. Salah satu sumber referensi bahasa Indonesia adalah Tesaurus Bahasa Indonesia. Dalam tesaurus bahasa Indonesia, terdapat banyak sinonim kata yang dapat digunakan sebagai variasi dalam berkomunikasi. Salah satu kata yang memiliki banyak sinonim adalah “mulut”. Berikut adalah beberapa sinonim yang terdapat di dalam Tesaurus Bahasa Indonesia.

Bacokan

Sinonim pertama untuk “mulut” adalah “bacokan”. Secara harfiah, bacokan berarti “luka sayatan atau tusukan pada kulit”. Namun, dalam Tesaurus Bahasa Indonesia, bacokan digunakan untuk merujuk pada mulut yang suka mengeluarkan kata-kata kasar, tajam, atau bahkan menyakitkan.

Belalai

Sinonim kedua untuk “mulut” adalah “belalai”. Belalai adalah alat penghisap yang terdapat pada beberapa hewan seperti gajah. Namun, dalam Tesaurus Bahasa Indonesia, belalai digunakan untuk merujuk pada mulut yang suka menghisap atau menyerap sesuatu, seperti rokok atau minuman keras.

Busur

Sinonim ketiga untuk “mulut” adalah “busur”. Busur adalah alat yang terbuat dari kayu atau besi yang digunakan untuk memanah. Namun, dalam Tesaurus Bahasa Indonesia, busur digunakan untuk merujuk pada mulut yang suka memanfaatkan pengetahuan atau keterampilan untuk memanipulasi situasi atau orang lain.

Sarung

Sinonim keempat untuk “mulut” adalah “sarung”. Sarung adalah kain panjang yang umumnya dikenakan oleh pria di Indonesia. Namun, dalam Tesaurus Bahasa Indonesia, sarung digunakan untuk merujuk pada mulut yang suka melakukan omong kosong atau mengeluarkan omongan yang tidak bermutu.

Sembelih

Sinonim kelima untuk “mulut” adalah “sembelih”. Secara harfiah, sembelih berarti “membunuh hewan untuk diambil dagingnya”. Namun, dalam Tesaurus Bahasa Indonesia, sembelih digunakan untuk merujuk pada mulut yang suka mengkritik atau menghakimi orang lain tanpa pandang bulu.

Sinonim dan Antonim Berhati Mulia

Setiap orang tentunya ingin memiliki hati yang mulia. Oleh karena itu, memperkaya kosakata tentang hati berhati mulia bisa menjadi salah satu langkah untuk mengaktualisasikan niat tersebut. Berikut adalah beberapa sinonim dan antonim untuk kata “berhati mulia”.

Sinonim Berhati Mulia

Beberapa sinonim untuk “berhati mulia” antara lain:

  • Altruistik
  • Berwawasan luas
  • Empati
  • Belas kasih
  • Bijaksana
  • Peduli sesama
  • Sopan santun

Antonim Berhati Mulia

Tidak hanya sinonim, kata-kata dengan pengertian berkebalikan dengan “berhati mulia” juga perlu dipahami. Berikut adalah beberapa antonim untuk “berhati mulia” antara lain:

  • Egois
  • Tidak peduli sesama
  • Kasar
  • Merasa hebat
  • Pendendam
  • Hipokrit
  • Tidak sopan

Kesimpulan

Tesaurus Bahasa Indonesia bisa menjadi sumber referensi yang berguna untuk memperkaya kosakata dan meningkatkan kemampuan komunikasi. Terdapat banyak sinonim yang dapat digunakan untuk mengganti kata-kata yang sering dipakai dalam percakapan sehari-hari, seperti “mulut”. Selain itu, memahami kata-kata sinonim dan antonim yang berkaitan dengan “berhati mulia” juga dapat membantu meningkatkan kualitas seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain.

Sinonim seperti bacokan, belalai, busur, sarung, dan sembelih dapat digunakan dalam situasi yang tepat dan dapat membantu menyampaikan pesan dengan lebih tepat dan variatif. Sementara itu, memilih kata-kata dengan pengertian berkebalikan dengan “berhati mulia” seperti egois dan kasar harus dihindari karena tidak selaras dengan cita-cita untuk menjadi manusia yang berhati mulia.