Sinonim Optimalisasi

58 Dilihat

Sinonim: Pengertian, Jenis, dan Contoh

Sinonim merupakan kata yang memiliki makna atau arti yang sama dengan kata lainnya. Penggunaan sinonim mampu memperkaya kosa kata dalam suatu teks atau tulisan. Dalam bahasa Indonesia sendiri, terdapat ribuan bahkan jutaan sinonim yang dapat digunakan dalam percakapan sehari-hari maupun dalam dunia tulis-menulis.

Untuk lebih memahami mengenai sinonim, simak penjelasan pengertian, jenis, dan contoh sinonim berikut ini.

Pengertian Sinonim

Sinonim adalah kata-kata yang memiliki makna yang sama atau mirip dengan kata lain, namun dikatakan dengan kata yang berbeda. Dalam penulisan atau pembicaraan, penggunaan sinonim memberikan variasi pada kalimat dan membuat pembaca atau pendengar lebih tertarik.

Sebagai contohnya, kata besar memiliki sinonim seperti luas, meluas, megah, maupun besar-besaran. Sedangkan dalam kalimat, penggunaan sinonim dari kata besar dapat memperkaya kalimat tersebut dan menghindari pengulangan kata sehingga menjadi lebih menarik.

Jenis Sinonim

Sinonim dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan persamaan makna yang dimilikinya, diantaranya:

1. Sinonim Mutlak

Sinonim mutlak adalah sinonim yang benar-benar sama maknanya dalam segala hal. Contohnya adalah kata gembira dan girang, keduanya memiliki makna yang sama sama-sama menandakan perasaan senang atau bahagia.

2. Sinonim Sebagian

Sinonim sebagian adalah sinonim yang memiliki makna yang sama namun tidak sepenuhnya identik. Contohnya adalah kata bungsu dan termuda. Kedua kata tersebut memiliki makna yang sama yakni yang paling muda di antara saudara-saudaranya, namun bungsu lebih menunjukkan posisi secara urutan kelahiran, sedangkan termuda berfokus pada usia.

3. Sinonim Searah

Sinonim searah adalah sinonim yang memiliki makna yang saling melengkapi. Contohnya adalah kata pindah dan berpindah. Keduanya memiliki makna yang sama yaitu bergerak atau bergeser ke tempat lain, namun kata berpindah lebih menekankan pada perpindahan yang berulang-ulang.

4. Sinonim Bertingkat

Sinonim bertingkat adalah sinonim yang memiliki makna serupa namun memiliki tingkatan atau kadar yang berbeda. Contohnya adalah kata liar, ganas, dan kejam. Ketiga kata tersebut memiliki kesamaan makna yaitu sifat yang kejam dan tidak berperikemanusiaan, namun dari ketiganya, kejam memiliki tingkatan makna yang paling tinggi.

Contoh Sinonim

1. Awam dan umum

Awam dan umum memiliki makna yang sama yaitu diluar keahlian atau pengetahuan khusus. Contohnya adalah ungkapan “bahasa yang digunakan dalam presentasi tersebut sangat awam” dan “bahasa yang digunakan dalam presentasi tersebut sangat umum”.

2. Kebun dan taman

Kata kebun dan taman memiliki makna yang sama yaitu tempat yang ditanami banyak tanaman dan pohon. Contohnya adalah kalimat “Di seberang jalan terdapat sebuah taman yang luas” dan “Di seberang jalan terdapat sebuah kebun yang indah”.

Dalam penulisan, penggunaan sinonim bisa memberikan variasi dalam kalimat, menghindari pengulangan kata dan membuat pembaca lebih tertarik pada tulisan.

Demikianlah penjelasan mengenai sinonim, dari pengertian hingga jenis dan contohnya. Dengan pemahaman yang baik mengenai sinonim, kita dapat menggunakannya dengan tepat dan membuat tulisan menjadi lebih menarik.