Sinonim Sebagaimana

68 Dilihat

Sinonim: 5 Contoh Kata dengan Arti yang Sama

Sinonim atau persamaan kata adalah kata-kata yang memiliki arti yang sama atau mirip satu sama lain. Sinonim adalah salah satu dari beberapa alat yang dapat digunakan untuk memperkaya bahasa. Salah satu manfaat dari sinonim adalah untuk menghindari repetisi, sehingga teks menjadi lebih variatif dan tidak membosankan. Berikut ini adalah contoh dari 5 sinonim yang sering digunakan.

1. Propaganda – Grasi – Pengampunan

Ketiga kata tersebut memiliki arti yang sama, yaitu pengaruh yang bertujuan untuk memengaruhi opini publik. Istilah “Propaganda” digunakan untuk menyebut kegiatan yang bertujuan untuk menyebarkan ideologi atau propaganda politik. “Grasi” mengacu pada tindakan memberikan keringanan atau anugerah, biasanya dalam bentuk pengampunan. Sementara itu, “Pengampunan” adalah bentuk grasi yang diberikan oleh pemerintah atau hakim dalam rangka memberikan pemaafan atas kesalahan yang telah dilakukan.

2. Psikotes – Ujian Psikologi – Tes Kepribadian

Ketiga istilah tersebut sering digunakan untuk menyebut tes atau ujian yang bertujuan untuk mengukur kemampuan dan karakteristik individu, seperti kepribadian dan kognisi. “Psikotes” atau Psychological Test merupakan singkatan dari ujian psikologi, sedangkan “Ujian Psikologi” dan “Tes Kepribadian” memiliki makna yang sama.

3. Rintangan – Halangan – Hambatan

Tiga kata tersebut sering digunakan untuk menyebut sebuah obstacle atau kendala yang menghalangi seseorang dalam mencapai tujuan atau meraih keberhasilan. “Rintangan” dan “Halangan” memiliki arti yang sama yaitu kendala atau penghalang dalam mencapai sesuatu. Sedangkan “Hambatan” merujuk pada rintangan yang lebih besar dari halangan.

4. Sebagaimana – Sesuai – Sama Seperti

Tiga kata tersebut sering digunakan untuk mengindikasikan adanya kesesuaian atau kesamaan suatu hal dalam suatu konteks. “Sebagaimana” digunakan untuk menunjukkan adanya persesuaian atau kecocokan. “Sesuai” lebih merujuk pada kepatuhan atau kesesuaian dengan aturan atau harapan. Sedangkan “sama seperti” menunjukkan adanya kesamaan pada berbagai hal.

5. Cerdas – Pintar – Pandai

Ketiga kata tersebut sering digunakan untuk menyebut seseorang yang memiliki kemampuan intelektual yang baik. “Cerdas” biasanya mengacu pada kecerdasan akademik dan intelektual yang terlihat dalam nilai akademik atau kemampuan mengingat informasi dengan baik. “Pintar” lebih merujuk pada kemampuan untuk memecahkan masalah secara cepat dan efektif dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan “Pandai” merujuk pada kemampuan untuk menggunakan pengetahuan yang dimiliki dalam praktik, atau kemampuan manual atau ketrampilan.

Ringkasnya, sinonim adalah kata-kata dengan arti yang sama atau hampir sama. Dalam menulis atau berbicara, sinonim dapat digunakan untuk memperkaya bahasa dan menghindari repetisi. Beberapa contoh sinonim antara lain propaganda, grasi, dan pengampunan.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan contoh dari 5 sinonim yang sering digunakan, antara lain propaganda, grasi, dan pengampunan; psikotes, ujian psikologi, dan tes kepribadian; rintangan, halangan, dan hambatan; sebagaimana, sesuai, dan sama seperti; serta cerdas, pintar, dan pandai. Dengan mengetahui sinonim-sinonim ini, penulis dapat menghindari repetisi dan membuat bahasa menjadi lebih variatif. Selain itu, pengetahuan tentang sinonim juga dapat membantu seseorang untuk memahami teks dengan lebih baik.