Sinonim Suara

70 Dilihat

9 Sinonim Kata Subjektif di Tesaurus Bahasa Indonesia

Apakah kamu pernah kebingungan mencari kata-kata sinonim (pengganti kata yang memiliki arti serupa) di dalam bahasa Indonesia? Kamu tidak sendiri! Salah satu jenis sinonim yang sering kali membingungkan adalah sinonim subjektif. Nah, kamu tidak perlu khawatir lagi karena di sini kami telah merangkum sembilan sinonim subjektif yang sering kali digunakan dalam bahasa Indonesia.

1. Berat Sebelah

Sinonim subjektif yang pertama adalah berat sebelah yang memiliki arti bias. Penggunaan kata ini seringkali dilakukan dalam konteks keadilan atau pemberitaan berita yang tidak netral.

2. Sudut Pandang

Sinonim subjektif selanjutnya adalah sudut pandang. Kata ini seringkali digunakan untuk menjelaskan bahwa sebuah pernyataan atau pandangan hanya mencerminkan opini atau sudut pandang dari seseorang atau kelompok tertentu.

3. Tidak Adil

Kata ini seringkali digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan atau situasi yang tidak fair atau tidak adil. Kata sinonim subjektif ini seringkali digunakan dalam konteks keadilan.

4. Kurang Objektif

Sinonim subjektif selanjutnya adalah kurang objektif yang menggambarkan suatu pernyataan atau opini yang tidak netral atau tidak berdasarkan fakta secara obyektif.

5. Lebih Menguntungkan

Sinonim subjektif ini seringkali digunakan untuk menggambarkan keuntungan yang lebih besar bagi suatu pihak atau kelompok tertentu dibandingkan dengan yang lainnya.

6. Lebih Baik

Kata “lebih baik” seringkali digunakan untuk menggambarkan kualitas atau prestasi suatu hal yang lebih unggul dibandingkan yang lainnya. Namun, kata ini juga bisa digunakan secara subjektif dan membutuhkan penilaian dari masing-masing individu.

7. Kurang Baik

Sinonim subjektif yang satu ini memiliki arti kebalikan dari kata “lebih baik”, yaitu menggambarkan kualitas atau prestasi suatu hal yang lebih rendah dibandingkan dengan yang lainnya.

8. Cenderung

Kata ini seringkali digunakan untuk menjelaskan suatu kecenderungan atau kecondongan yang dimiliki oleh seseorang atau kelompok tertentu. Penggunaan kata ini juga sering dapat merefleksikan sudut pandang subjektif.

9. Lebih Menyakinkan

Sinonim subjektif yang terakhir adalah lebih menyakinkan. Kata ini seringkali digunakan untuk menggambarkan pernyataan atau opini yang lebih meyakinkan bagi seseorang atau kelompok tertentu.

Ringkasan

Itulah sembilan sinonim subjektif yang sering kali digunakan dalam bahasa Indonesia. Di antara semuanya, perlu diingat bahwa penggunaan kata-kata tersebut sangatlah subjektif dan membutuhkan penilaian dari masing-masing individu. Oleh karena itu, sebelum menggunakan sinonom subjektif, kita harus bijak dalam memutuskan apakah penggunaannya diperlukan atau tidak.